Kamis, 29 Januari 2009

Pohon Kumurui

Tanaman Kumurui adalah salah satu jenis tanaman yang di manfaatkan untuk bumbu masak oleh kalangan ibu ibu yang berasal dari aceh. Biasanya di gunakan untuk memasak daging atau ikan. Bagian yang di gunakan untuk bumbu masak hanya daunnya saja, sama seperti daun jeruk purut untuk memasak daging. aroma nya wangi, menurut bunda tetangga sebelah rumah yang berasal dari NAD, daun kumurui dapat membuat masakan menjadi empuk dan dapat menghilangkan aroma hanyir. Buah dari pohon kumurui ini bergerombol, sebesar biji kopi dan kalau sudah masak berwarna ungu gelap, rasanya manis bercampur pahit ber-aroma mint( tidak di rekomendasikan untuk di makan, khawatir nanti mabok ).

Saya saat ini sedang membudidayakan pohon ini, baru tahapan penyemaian. Sudah pada tumbuh, kira kira 4 minggu lagi siap di pindahkan ke polybag. Tanaman ini di jabotabek sangat sulit di temukan, kalau di aceh sana bisa jadi masih bejibun.
Ibu ibu yang terbiasa masak daging atau ikan dan membutuhkan tanaman ini, hubungi saya saja....heheheh.

Ada dua jenis pohon kumurui, Kumurui hijau dan kumurui merah. Konon kumurui merah lebih berkhasiat. Gak tau khasiatnya seperti apa, bagi yang kepengen tahu khasiatnya, experiment saja sendiri ya. yang jelas kalo di gunakan untuk bumbu masak, dijamin masakan anda tidak bau dan bisa menggoda tetangga untuk mencicipi.
selamat berburu pohon kumurui.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

boleh dong bagi bijinya... thx.